Sabtu, 16 April 2011

Manusia Alpha

Assalamualaikum......

Hei gmna kabarnya semua???insya allah sekarang kita akan membahas maslah Apa ce Alpha Male itu???dan juga siapa aja yang termasuk orang" Alpha?

Yang di maksud Alpha disini bukannya alpha yang gag masuk sekolah loch ya apalagi bolos, Alpha disini adalah tipe kepribadian manusia yang kuat dan otoritatif dengan ciri" yang khusus. Orang Alpha adalah orang yang agresif, sukses, dan terpacu oleh hasil, serta memaksa dirinya dan orang lain untuk bekerja maksimal. Dia berani percaya diri, dan digerakkan oleh ide" inovatif, hebat, serta cita" yang ambisius, dan ia memburu tujuan"nya dengan gigih layaknya mengemban misi yang urgen.

pokoknya masih banyak dech apa aja dan siapa aja yang termasuk manusia Alpha?makanya dibaca dengan sabar ya karena pembahasannya panjang tapi insya allah menarik ko ^_^.

Oke sekarang kita mulai memasuki siapa aja yang masuk ke sifat Alpha Male. Ada empat tipe manusia alpha: komandan, visioner, ahli strategi, dan eksekutor. Mereka dikaruniai banyak sekali kelebihan dan kekuatan untuk memanen kesuksesan. Ciri" ringkas [erilaku keempat tipe alpha adalah sebagai berikut:

  1. Tipe komandan: pemimpin yang bersemangat, amat menarikm menentukan keadaan, memobilisasi orang, dan menggerakan aksi dengan kekuatan otoritatifnya.
  2. Tipe visioner: serba ingin tahu, expensif, intuitif, proaktif, dan berpandangan kedepan, mampu melihat kemukngkinan dan kesempatan yang kadang" dianggap mustahil oleh orang lainm dan memberi inspirasi orang lain dengan visinya.
  3. Tipe ahli strategi: pemikir yang metodis , sistematis, kadang berilian, berpijak pada data dan fakta, mempunyai penilaian analitis yang sempurna, dan awas terhadap pola dan masalah.
  4. Tipe eksekutor: pelaku yang tak kenal lelah, berorientasi pada tujuan, melaksanakan rencana secara terperinci dengan disiplin yang ketat dan pengawasan yang cermat, menebas semua rintangan dan menggiring setiap orang untuk memegang teguh tanggung jawab mereka.
Waduch bacanya serius bener hehehe pasti banyak kalimat" yang gag tau artinya ya? ^_^ ketahuan wajahnya dah mulai bosen ce,,,,,oke ntr terakhirnya ku kasih ko kosa katanya oke!!!

Kita terusin ya,,,,kira" dari ciri yang udah disebutin tadi kalian semua termasuk manusia alpha yang mana hayo???apa manusia komandan yang suka memimpin secara semangat?, apa visioner yang suka ingin tahu dan berpandang kedepan, atau yang lainnya??nah,,,,,silahkan anda masukkan sendiri diri anda masuk kemana oke jgn masuk kelain" ya cirinya manusia alpha Cuma empat ini hehehe. Manusia alpha yang paling efektif adalah mereka yang memiliki sifat" fungsional lebih dari satu tipe, makanya kenali dari sekarang anda memiliki sifat apa saja.

Emh,,,,,dari tadi kan kita udah banyak ya membahas kelebihan" manusia alpha nah sekarang kita bahas kelemahan"nya ya, ya wajarlah semua perkara yang ada didunia ini pasti mempunyai pasangan"nya sebab Allah mencitkan semuanya berpasang"an biar indah gitu,,,,,,ada jelek ada ganteng masa Cuma ada jelek aja gag mungkin kan??gag seru donk dunia ini kalo penghuninya jelek semuanya hehehehe makanya Allah menciptakan juga yang ganteng biar memperbagus keturunan ^_^.

Kekuatan dan Kelemahan dari manusia alpha adalah:

Kekuatan tipe komandan
  • Orang" mengatakan mereka akan mendukung saya dan melakukan yang terbaik untuk saya, dan mereka benar" melaksanakannya.
  • Saya selalu memiliki banyak energi.
  • Saya bisa menjadi pembicara yang amat meyakinkan.
  • Dilingkungan yang baru, saya hampir mamainkan peran kepemimpinan.
  • Saya sangat pandai memotivasi orang lain untuk bertindak.
  • Orang" menyebut saya karismatik.
Kelemahan tipe komandan
  • Saya berusaha menyembunyikan kelemahan saya.
  • Saya dapat menjadi orang yang sangat suka berdebat pada suatu waktu.
  • Saya dapat bersikap kasar dan amat tegas ketika sedang stres atau mencemaskan sesuatu.
  • Saya sesekali mengabaikan peraturan atau memelintir kebenaran untuk memenuhi keinginan saya.
  • Saya mendorong diri dengan keras untuk melebihi kinerja sejawat saya.
  • Saya sering merasa iri dengan teman sejawat yang mengungguli saya, atau lebih terkenal dari pada saya, walaupun saya tidak memperlihatkan rasa itu. 
Kekuatan tipe visioner
  • Saya lebih suka memulai proyek" baru dan menyuruh orang lain merampungkannya.
  • Saya sering mendapatkan ide" brilian.
  • Saat ngambil putusan penting, saya percaya pada keberanian saya.
  • Saya suka mencari cara" baru untuk merampungkan sesuatu, bukan menempuh cara lama.
  • Saya lebih inovatif ketimbang praktis.
  • Saya senang bekerja dalam situasi yang menuntut improvisasi.
Kelemahan tipe visioner
  • Saya senang dengan pekerjaan baru dan bosen dengan pekerjaan lama.
  • Saat merasa gembira sekali dengan suatu perkembangan baru, saya cendrung tidak melihat resikonya.
  • Ketika saya memulai proyek baru, orang" kerap mengatakan pada saya bahwa harapan saya tidak realistis.
  • Saya acap kali memulai proyek baru sebelum proyrk lama rampung.
  • Saya menghadapi para penantang pendapat saya dan orang" yang pesimis.
  • Mengejar visi saya biasanya membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga dari pada yang mulanya saya perhitungkan.
Kekuatan tipe ahli strategi
  • Saya sangat analitis, logis, dan berbekal data mengmbil keputusan.
  • Saya bekerja berdasarkan peta" mental yang memungkinkan saya memadukan data" penting.
  • Saya tak membiarkan perasaan memengaruhi putusan yang saya ambil.
  • Saya memokuskan diri sepenuhnya pada sesuatu yang saya geluti.
  • Orang" memuji Intelektual saya yang hebat.
  • Jika memiliki data, saya dapat mengambil putusan yang tepat.
Kelemahan tipe ahli strategi
  • Saya tidak suka memasarka ide" saya; orang" seharusnya mengakui keunggulan ide" saya.
  • Saya biasnya tidak membutuhkan masukan dari orang lain untuk membuat keputusan yang tepat.
  • Saya kurang menghargai orang" yang mudah linglung atau bingung.
  • Saya hampir bisa menemukan kelamahan logika dalam pendapat orang lain.
  • Saya tidak mau mengompromikan pendirian saya untuk menjalin hubungan kerja; saya hanya ingin pekerjaan saa selesai.
  • Saya lebih mengutamakan hasil kerja yang baik ketimbang perasaan orang lain.
  • Mental saya cendrung berubah dan saya merasa terhina ketika orang" tak mau megikuti saya.
Kekuatan tipe eksekutor
  • sewaktu memulai sebuah proyek, saya saya segera tahu langkah" yang harus dilakukan demi keberhasilan proyek itu.
  • Saya selalu menyampaikan tujuan" dan harapan" yang jelas kepada anak buah saya.
  • Sebelum mengawali sebuah proyek, saya memastikan kesiapan jadwal yang jelas dan rencana aksi yang terperinci.
  • Saya ingin proyek" mengikuti jadwal kerja yang tepat dan ketat.
  • Ketika mendelegasikan pekerjaan, saya mengawalnya untuk memastikan semuanya berjalan benar.
  • Saya ingin anggota tim saya sering memberi laporan terbaru.
Kelemahan tipe eksekutor
  • sekalipun menjadi pemimpin, saya cendrung masih melibatkan diri dalam detail"nya.
  • Saya dituduh sebagai "supervisor yang superketat".
  • Saya tak menghabiskan banyak waktu untuk merayakan kesuksesan.
  • Saya jarang mendapat hasil kerja orang lain yang sesuai dengan standar saya.
  • Saya bisa sangat keritis ketika melihat masalah dalam pekerjaan orang lain.
  • Saya jengkel ketika orang" melanggar tenggat, mengingkari kesepakatan, atau melewatkn detail" yang signifikan.
nah ini lah kekuatan dan kelemahan dari manusia alpha, sebenernya gampang ko ngetahuin anda itu termasuk yang mana, mau tau gag caranya???hehehehe,,,,, sabar donk iya ntar aku kasih tau ko gmna caranya.

Caranya adalah waktu anda membaca sifat" di atas, anda lebih sering menjawaab "Ya ini masuk neh kriteria ku" pada kekuatan salah satu tipe ketimbang pada kekuatan tiga tipe lainnya?jika benar anda bilang gitu, itulah tipe utama anda. Nah kalo kamu menjawab "Ya" untuk empat pertanyaan atau lebih pada kekuatn tipe" lainnya, anda mungkin mungkin memiliki banyak sifat dari tipe" tersebut. Emh,,,,,gmna apakah sekarang dah tau kalian semuan masuk kriteria apa hayo.....

Sekarang kita liat yuk ada sebuah gambar segitiga neh dibawah, kira" ini segitiga apa ya??ada yang tau ga?

Pasti gag ada yang tau kan???ini adalah segitiga alpha (alpha triangle. Segitiga alpha ini ibarat sebuah tema drama yang dapat dimainkan dalam beraneka bentuk sesuai tipe alpha yang berakting dalam tiga peran pokok tersebut. Masih lom faham ya???oke tenang aja pkoknya baca aja dlu semuanya ntr juga insya allah faham sendiri hehehe ntr ku jelasin kok,,,,

Segitiga alpa dibentuk oleh tiga sisi: penjahat, korban, dan pahlawan. Setiap sisi atau peran memperkuat dua peran lainnya: penjahat beraksi, korban mengiba, pahlawan menumpas. Masing" peran berhak atas hasil tertentu, penjahat mendapat kuasa, korban mendapat simpati, san pahlawan mendapat pujian. Sebagai penjahat, pria alpha yang disfungsional memainkan peran sentra. Tujuan mulia mereka adalah mengerjakan sesuatu secara efisien dan baik, tetapi sayangnya mereka mengejar tujuan itu dengan instrument" yang jahat. Mereka menganggap diri mereka membantu orang" bekerja lebih baik, tetapi korban" mereka tak merasa dibantu, melainkan malah merasa disalah fahami, dianiaya, tak ditanggapi, dan mungkin bahkan di hina. Untuk membentuk segitiga alpa, mesti ada orang yang berperan sebagai pahlawan dengan meningkirkan kotoran, atau barangkali dengan menghibur cipenjahat yang berang, atau dengan mendengarkan suara korban secara simpatik. Dikebanyakan organisasi, selalu ada aktor" yang mecoba peran itu.

sekarang lihat gambarnya ya, trus diperhatiin dan di cerna hehehehe

  
Penjahat 
BICARA SENDIRI
Penjahat:
“Siapa yang harus disalahkan?
”Korban:
“Mengapa aku?aku tak bisa apa-apa.”
Pahlawan:
“Siapa yang mengalami ksukaran?Aku bisa bantu”
Korban                                                                       Pahlawan


Kalo misalkan temen" blom faham juga ayo kita baca contohnya ^_^.

Ada Wakil Kepala sekolah di salah satu desa terpencil kita sebut saja nama Wakepsek itu pak nino, bapak ini memiliki sifat eksekutor, mampu menelisik masalah", mengidentifikasi sebab"nya, dan dengan cepat menemukan solusinya yang bagus sekali. Pak nino ini sangat terkenal dengan kemampuanya untuk menggerakkan stafnya mengejar dan mencapai tujuan" yang tampaknya mustahil. Dia juga dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin. Ketika melihat sesuatu yang tak disukainya, dia kerap kali melontarkan dan menghardik, "kamu itu ngawur" atau "kerja apaan ini jelek sekali." Untuk menghadiapi pak nino dan sikapnya yang menjatuhkan semangat itu, setelah orang itu dimarahin maka datanglah guru lain yang berusaha menghibur korban"nya pak nino itu dan mengembalikan kepercayaan" diri mereka. Nah ini lah contoh dari manusia" alpha dan segitiga alpha, gimana apa dah faham??kalo belom wah kebangetan neh hehehehe.

Sampai dsni ada yang mau ditanya gag??

Kira" kriteria wanita alpha dengan pria alpha sama apa beda ya???

Sebenernya ada juga perempuan yang menempati posisi" pemimpin mempunyai sifat" pokok yang mencirikan tipe alpha, tetapi jumlah pria alpha lebih banyak. Dan umumnya lelaki lebih mungkin memiliki karakteristik" alpha.

Wah dah banyak neh pembahasan kita hari ini dah dulu ya sampe ketemu di kemudian hari semoga banyak manfaatnya yang dapat di ambil aamiin,,,,,kalo mau lebih jelas baca aja di buku "Alpha Male Syndrome" karangan Kate ludeman dan Eddie Erlandson.

Kurang lebihnya minta maaf yach

Wassalamualaikum....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar