Rabu, 04 Mei 2011

Riwayat hidup nabi Muhammad SAW


RIWAYAT HIDUP
NABI MUHAMMAD SAW
RIWAYAT HIDUP NABI MUHAMMAD SAW: DAKWAH DAN PERJUANGAN
Nabi Muhammad SAW dilahirkan pada tahun gajah 12 Rabi'ul Awal hari senin beliau lahir dikota Mekah dari golongan Bani Qurausy dan di utus ke kota Madinah untuk menyebarkan agama islam beliaulah nabi akhir jaman yang membawa umat manusia dari jaman kegelapan sampai jaman terang benderang
Silsilah Nabi Muhammad SAW dari Bapak:
Muhammad bin Abdulloh Bin Abdu Mutholib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushoi bin Killab bin Murroh bin Ka'ab bin Luay bin Gholib bin Fahar bin Malik bin Nadhor bin Kinanah bin Khujaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhor bin Nijar bin Mu'ad
Silsilah Nabi Muhammad SAW dari Ibu :
Muhammad bin Aminah binti Wahab bin Abdul Manaf bin Jahroh bin Killab
1.Sebelum Masa Kerasulan
Nabi Muhammad Saw. Adalah golongan Bani Hasyim, ia datang dengan agama Islam dimana Allah tidak akan menerima pada hari kiamat akan agama selain agama Islam.
Dalam usia muda, Muhammad hidup sebagai pengembala kambing keluarganya dan kambing penduduk mekkah. Melalui kegiatan pengembalaan ini dia menemukan tempat untuk berpikir dan merenung. Dalam suasana demikian, dia ingin melihat sesuatu dibalik semuanya. Pemikiran dan perenungan ini membuatnya jauh dari segala pemikiran nefsu duniawi, karena itu sejak muda ia sudah dijuluki Al-Amin, orang yang terpercaya.
Nabi Muhammad ikut untuk pertama kali dalam kafilah dagang ke syiria(syam) dalam usia baru 12 tahun. Kafilah tersebut dipimpin oleh Abu Tholib. Dalam perjalanan ini, di Bushara, sebelah seltan syiria, ia bertemu dengan seorang pendeta bernama, Buhairoh. Pendeta ini melihat tanda tanda kenabian pada Muhammad sesuai petunjuk dalam kitab kitab Ahlil kitab
Pada usia yang ke dua puluh lima, Muhammad berangkat ke syiria membawa barang dagangan milik Khadijah seorang saudagar wanita kaya raya. Dalam perdagangan ini Muhammad memperoleh laba yang besar. Khadijah kemudian melamarnya. Lamaran itu diterima dan perkawinan segera dilaksanakan. Ketika itu Muhammad berusia 25 tahun dan Khadijah 40 tahun. Dalam perkembangan selanjutnya, Khadijah adalah wanita yang pertama masuk islam dan banyak membantu Nabi dalam perjuangan menyeberkan Islam.
2. Masa Kerasulan
Menjelang usianya yang keempat puluh, dia sudah terlalu biasa memisah kan diri dari pergaulan masyarakat, berkontemplasi ke gua Hira,sebuah gunung yang dekat dengan kota Mekkah. Dan ia beribadah dengan mengikuti ajaran agama kakeknya yaitu Nabi Ibrahim dari beberapa hari sampai beberapa bulan. Pada tanggal 17 Ramadhan tahun 611M, Malaikat Jibril muncul dihadapannya, menyampaikan wahy Alloh yang pertama: Bacalah dengan nama tuhanmu yang telah menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu itu sangat mulia. Dia telah mengajarkan Qolam. Dia telah mengajar manusia apa yang mereka tidak ketahui(QS 96:1-5). Dengan turunnya wahyu pertama itu, berarti Muhammad telah dipilih Tuhan menjadi Nabi. Dalam wahyu pertama ini, dia belum disuruh untuk menyeru manusia kepada agama Islam
Setelah wahyu pertama itu datang, jibril tidak muncul lagi untuk beberapa lama, sementara Nabi Muhammad menantikannya dan selalu datang ke gua Hira. Dalam keadaan menanti itulah turun Jibril yang membawa perintah kepadanya. Wahyu itu berbunyi sebagai berikut: Hai orang yang berselimut, bangun, dan beri ingatlah, hendaklah engkau besatkan tuhanmu dan bersihkanlah pakaianmu, tinggalkanlah perbuatan dosa, dan janganlah engkau memberi (dengan maksud)memperoleh (balasan) yang lebih banyak dan untuk memenuhi perintah tuhanmu bersabarlah (Q.S. Al-Muddatsir: 1-7)
Dengan turunnya perintah itu, mulailah Rasulullah berdakwah. Pertama tama, beliau melakukannya dengan cara diam diam dilingkungan sendiri dan dikalangan rekan rekannya. Karena itulah, orang yang pertama kali menerima dakwahnya adalah keluarga dan sahabat dekatnya. Setelah tiga tahun dakwah tersebut dilaksanakan secara individual(rahasia), maka turunlah perintah agar nabi menjalankan dakwah secara terbuka. Maka naiklah Nabi kegunung Shafa dan ia menyeru kaumnya, ketika mereka telah berkumpul maka berkatalah Nabi Apakah kalian membenarkan aku dengan apa yang akan aku khabar kan? mereka menjawab :ia, kami belum pernah menemukan darimu kebohongan sejak kecilmu hingga sekarang maka sabda Nabi:Selamatkanlah diri kalian dari api neraka sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan dari azab yang sangat pedih.
Setelah dakwah terang-terangan itu, pemimpin Quraisy mulai menghalangi dakwah Rasul. Banyak cara yang ditempuh para pemimpin Quraisy untuk mencegah dakwah Nabi Muhammad pertama tama mereka mengira bahwa , kekuatan nabi terletak pada lindungan dan pembelaan abu tholib yang amat disegani itu. Karena itu mereka menyusun siasat bagaimana melepaskan hubungan Nabi dengan abu thalib dan mengancam dengan mengatakan "kami minta anda memilih satu diantara dua: memerintahkan Muhammad berhenti dari dakwahnya atau ijinkan kepada kami unuk mencegahnya. Maka dengan itu Abu Thalib sebagai pamannya mencegah Nabi muhammad SAW akan dakwahnya karena beliau takut dari kaum Qurais. Namun Nabi menolak dengan mengatakan: "Demi allah saya tidak akan berhenti memperjuangkan amanat allah ini, walaupun semua anggota keluarga dan sanak saudara akan mengucilkan saya". Abu Thalib pun berkata: "pergilah kamu dan ucapkanlah apa yang kamu suka, demi Allah saya tidak akan islam pada kamu untuk selamanya".
Kaum Qurausy pun merasa bahwa rencananya tidak bisa mencegahnya akan tetapi semakin menambahnya iman dan keyakinan orang orang muslim, mereka mencari Nabi Muhammad SAW untuk memintanya agar orang orang muslim itu beribadah kepada tuhannya orang Quraisy dan juga sebaliknya orang orang Quraisy beribadah kepada tuhannya orang orang muslim. Dari kejadian ini lah Allah menurunkan kepada Nabi Surah Al-Kafirun.
Kekejaman yang dilakukan oleh penduduk Makkah terhadap kaum muslimin itu, mendorong Nabi Muhammad untuk mengungsikan sahabat sahabtnya ke luar Makkah. Pada tahun kelima kerasulannya, Nabi menetapkan Habsyah (Ethiopia) sebagai negri tempat pengungsian. Rombongan pertama sejumlah sepuluh orang pria dan lima dari wanita, diantaranya Usman bin Affan beserta istrinya Ruqoyah putri Rasulullah, Zubair bin Awwam dan Abdurrahman bin Auf. Semakin kejam mereka memperlakukan umat islam semakin banyak orang yang masuk agama ini. Bahkan, ditengah meningkaynya kekejaman itu, dua orang yang terkuat di Quraisy masuk Islam, Hamzah dan Umar bin Khattab. Namun tidak lama kemdian Abu Thalib paman Nabi sekaligus pelindung utama Nabi meninggal dunia dan menyusul Tiga hari setelah itu Khadijah istri Nabi, meninggal dunia pula. Peristiwa itu terjadi pada tahun sepuluh kenabian. Dan di tahun ini pula merupakan tahun kesedihan bagi Nabi Muhammad SAW.
Maka untuk menghibur Nabi yang sedang ditimpa duka, Allah mengisra' dan memi'rojkan beliau pada tahun ke-11 kenabiannya itu.
Selama 12 tahun beliau menjadi Nabi akhir jaman agama Islam tersebar dengan cepat di beberapa jazirah Arab, Beliau wafat pada umur 63 hari Senin bulan Shafar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar