Rabu, 18 Mei 2011

Pengantar bahasa 3

Sejarah bahasa Arab

تاريخ علم اللغة عند العرب

Assalamualaikum,,,,,

Sekarang ini kita akan membahas masalah sejarah bahasa Arab, seperti sejarah kapan B.Arab itu di beri harakat, trus titik dll. Kalau kita ngerti B.Arab atau Al-Qur'an itu aslinya tidak ada titiknya dan harakatnya loch pada saat nabi Muhammad SAW. Nah alasan mengapa rasulallah menyuruh sahabat-sahabatnya untuk membenarkan/memberikan harakat, karena ada sebagian orang-orang badui yang salah dalam membaca Al-Qur'an yang ayatnya kaya gini neh,,,,,

أن الله برئ من المشركين و رسوله

Artinya : "Bahwa sesungguhnya Allah dan Rasulnya berlepas diri dari orang-orang musrik" (At-Taubah:3)

Kesalahannya orang badui itu pada kalimat ورسوله mereka membacanya warasulihi yang mana seharusnya itu dalam Al-Qur'an dibaca warasuluhu karena lafad ini sudah tidak ada sangkut pautnya dengan kalimat sebelumnya yaitu almusrikiina artinya pun sudah jauh sekali dengan apa yang dimaksud. Maka dari itu kalau kita salah sedikit saja dalam membaca Al-Qur'an akan berbeda maksud dari Al-Qur'an.

Maka Rasul pun menyuruh kepada sahabatnya untuk memberikan harakat dengan berkata:

"اعربوا القرأن وتمسوا غرائبه أرشدوا أخاكم فإنه قد ضلّ"

Disinilah asal-usul I'rab / تنقيط الإعراب pelopornya adalah:

  1. عبد الله بن عباس
  2. أبو الأسواد الدؤلى
  3. نصر بن عاصم , Nasir bin a'sim ini adalah salah seorang pencetus peletakan tanda titik contoh titiknya huruf ba itu satu dibawah, ta titik dua di atas dan sebagainya. Ilmu ini disebut ilmu تنقيط الأعجام keterangan ini insya allah akan dibahas di tulisan-tulisan ang akan datang ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar