Rabu, 25 Mei 2011

Bila Q jatuh cinta

"Aku Kagum Padamu, Melatiku ! "   
Ratnadewi Idrus
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Qs. Al Baqarah 2:183)
Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaktian (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. Ali Imran 3:92)
Dari Salim r.a., dari Bapaknya, bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda, Tidak boleh iri kecuali pada dua perkara; Pertama, kepada orang yang dikarunia Allah ilmu Al-Qur'an, lalu diamalkannya siang malam. Kedua, kepada orang yang dikarunia Allah harta kekayaan, lalu dibelanjakannya siang dan malam (dijalan Allah). (HR. Muslim)
*****
Suasana malam yang indah, pagi yang cerah, hari-hari penuh nuansa ibadah, itulah yang dirasakan Nisa menjalani bulan Ramadhan. Seperti biasa ia pamit pada orangtuanya untuk berangkat kerja, kicauan burung turut merasakan kegembiraannya.
Sesampai di kantor, Nisa sibuk minta maaf kesana kemari, menelpon atau menyurati saudara, sanak famili dan sahabat-sahabatnya, sembari menghubungkan kembali jalinan siraturrahmi. Sedapat mungkin ia ingin membersihkan dirinya, terutama yang satu ini, membayar hutang di kantin sebelah !, yach.. jangan sampai ada aliran darah di dalam tubuh ini yang terbentuk dari hal-hal yang diharamkan Allah, bisiknya dalam hati.
Kemarin, ia masih suka mengeluh mengerjakan tugas-tugasnya, suka memberikan ceramah panjang pada adik-adik ( magang ) yang merokok, ataupun mengomeli mereka yang suka teriak-teriak, tapi kini.. tidak lagi ! , "Kendalikan dirimu, Nisa !" katanya pada diri.
Tak terasa, cepat sekali waktu berlalu, tiba-tiba sudah waktunya pulang. Dengan alunan nasyid gubahannya, ia mengitari jalan tepian untuk berbelanja, memberikan hadiah cinta, pada orang-orang yang ia sayang, terutama neneknya.
*****
Nisa meringsut mendekati tubuh wanita tua itu, menciumi tangan dan kedua belah pipinya, "Nenek sehat-sehat saja kan ?". Wajah wanita itu menyiratkan kerinduan pada Nisa, sejenak nuansa kasih sayang meliputi keduanya.
Wanita malang.  Siapapun tak akan pernah tahu bahwa dulunya ia adalah seorang kaya yang tak pernah pelit membagi-bagikan hartanya, wanita yang penyayang terhadap anak-anak China yang dipeliharanya seperti anak sendiri, sungguh.. ia tak pernah menyesali takdir Allah yang hanya mengizinkannya memelihara amanah seorang anak laki-laki yang hanya bertahan hidup selama 7 tahun. Dan kini.. ia pasrah menjalani hari-harinya dengan penyakit yang dideritanya, walau masih sering bertanya-tanya kenapa ia harus menderita kanker rahim, ia tetap yakin bahwa Allah sangat menyayanginya.  Anak pertama dari ketiga anak asuh Chinanya itulah ibu Nisa.
"Nisa bawain kesukaan Nenek..".  Mata yang dihiasi garis-garis keriput itu berbinar bahagia menerima pemberian Nisa. "Aduh, repot-repot saja engkau ini, cucuku !". Katanya sembari tersenyum dan melihat isi bungkusan.
Hati siapapun akan teriris melihat keadaan nenek yang tinggal satu-satunya itu, Nisa masih ingat ketika ia kecil, betapa penuh kasihnya wanita itu mengurus suami tercinta yang sakit-sakitan (kakek Nisa). Betapa senangnya Nisa mendapat julukan "cucu tersayang" karena paling sering mengunjungi kakeknya. Dulu kunjungannya bernilai uang seratus perak yang masih bernilai tinggi, namun kini.. jangankan memberinya seratus perak, uang untuk ongkos berobatpun sang nenek tercinta tidak punya, masya Allah...
Langit mendung, Nisa permisi pulang, berat terlihat dari sepasang tatapan teduh wanita berusia senja itu, namun ia melepaskan juga Nisa pergi.
"Hati-hati ya cu'..". Nisa menciumi kedua belah pipi neneknya, berlalu setelah mengucapkan salam.
*****
Tiba di rumah, Bunda menyambutnya dengan senyuman. Hidangan berbuka telah tersaji di meja, begitu pula kurma yang dibawa Nisa. Bedug maghrib tiba, Nisa beserta keluarga berbuka, kemudian shalat bersama, Ya Allah.. sungguh nikmatnya.
"Maafkan Nisa ya Ayah.. Bunda..". Lirih suara Nisa pada kedua orangtuanya, sang ayah mengusap lembut kepala anaknya. Usai shalat sunat dan mengaji, Nisa teringat pada Ayuning, kangen mendengar suaranya.
"Wassalaamu'alaikum warahmatullaah..". Suara tak asing lagi itu terdengar di daun telinganya, tetapi.. kenapa Ayuning menangis ?!..,
"Ayu bahagia Allah mengizinkan Ayu bertemu Ramadhan lagi, Nisa.. Ayu sedih jika bulan barokah ini pergi.., Ayu pingin memperkuat ibadah Ayu kepada-Nya.. , melakukan segala sesuatu yang Allah perintahkan; berbuat baik pada orangtua, karib-kerabat, dan seluruh hamba-hamba Allah yang memerlukan, terutama.. anak-anak yatim, Nisa…! Ayu ingin membahagiakan mereka.. memberi mereka hadiah lebaran.. walaupun uang Ayu pas-pasan..".
Nisa kaget ! (Subhanallah.. Ayu.., betapa mulia hatimu.. betapa Aku Kagum Padamu, Melatiku ! , engkau selalu membuat aku iri untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan, mengejar ampunan dan keridhaan Allah di bulan Ramadhan !).
Dewi (wiwi_praty, Qalbu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar